Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat pisang tanduk bagi kesehatan

Ada beberapa Manfaat yang perlu anda ketahui dari buah pisang tanduk bagi kesehatan, jika anda rutin mengkonsumsinya makan akan berdampak baik bagi tubuh, diantara manfaatnya yaitu:

Manfaat pisang tanduk bagi kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Pisang tanduk, sebagaimana pisang pada umumnya, mengandung komponen penting untuk menjaga kesehatan jantung, seperti kalium, magnesium, serat, folat, dan vitamin C. Menurut ahli, diet dengan pisang tanduk dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan orang yang makan banyak kalium memiliki risiko hingga 27% lebih rendah terkena penyakit jantung.

2. Melancarkan pencernaan

Pisang tanduk juga mengandung banyak serat sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan pektin dalam pisang dapat menjaga kadar gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan di lambung.

Manfaat_pisang_tanduk


3. Menurunkan risiko kanker darah

Pisang tanduk mengandung lektin, yaitu sebuah protein dalam pisang yang dapat mencegah sel leukimia tumbuh.Lektin berperan sebagai antioksidan yang membantu tubuh memerangi radikal bebas penyebab kanker. Berdasarkan penelitian lainnya, konsumsi pisang juga dipercaya dapat mengurangi risiko kanker darah atau leukemia.

4. Membantu menurunkan berat badan

Pisang tanduk, seperti pisang lainnya, dapat digunakan sebagai makanan untuk menurunkan berat badan. Pisang pada umumnya mengandung sedikit kalori, kurang lebih sekitar 100 kalori saja. Meski demikian, pisang mengandung banyak nutrisi dan membuat Anda cepat kenyang. Bahkan pisang yang belum matang memiliki kandungan pati resisten yang mengurangi nafsu makan dan membuat Anda cepat kenyang.

5. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan The American Diabetes Association mengungkapkan bahwa kandungan serat yang tinggi di dalam pisang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah.

Pisang mentah mengandung pati resisten, yang bertindak seperti serat larut dan lolos dari pencernaan. Menurut ahli, pektin dan pati resisten dapat memoderasi kadar gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung Anda.

6. Menjaga fungsi ginjal

Kandungan kalium di dalam pisang tanduk bermanfaat untuk menjaga fungsi ginjal dan mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

7. Meningkatkan suasana hati

Pisang tanduk mengandung tryptophan, yaitu salah satu jenis asam amino yang dapat membantu menjaga suasana hati dan meningkatkan kemampuan mengingat.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Selain itu, pisang tanduk juga mengandung vitamin B6 dan magnesium yang berfungsi memberikan efek relaksasi, mengendurkan otot, dan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Berbagai manfaat di atas juga bisa ditemui pada jenis-jenis pisang lainnya. Untuk merasakan manfaat di atas, cobalah untuk menyertakan beberapa buah pisang dalam pola makan sehari-hari Anda. 

Anda bisa mendapatkan pisang tanduk berkualitas di tiap pasar, ataupun bisa hubungi agen kami di jabodetabek untuk mendapatkan pisang tanduk sukabumi yang berkualitas. 

Sumber: www.sehatq.com